Wednesday, March 7, 2012

P-Spmbn Siapkan Tes Masuk PTN di Luar Negeri

Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) berencana melakukan kerja sama seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk universitas negeri di Australia dengan IDP Education Australia mulai tahun depan. Uji coba seleksinya direncanakan pada 18 Juli 2010.

Demikian diungkapkan Ketua P-SPMBN Asman Boedisantoso di Jakarta, Senin (24/5/2010). "MoU-nya akan ditandatangani minggu ini. Untuk yang 18 Juli itu sifat seleksinya masih try out saja, tahun depan baru full," ujar Asman kepada Kompas.com.

Asman mengatakan, kerja sama tersebut dikembangkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia masuk ke PTN di luar negeri. Asman berharap, dengan kerja sama tersebut, tes nasional seperti UMB PTN bisa menjadi tes internasional untuk masuk perguruan tinggi negeri di Asutralia, bahkan Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, seperti dikatakan Sekretaris P-SPMBN kepada harian Kompas, Sabtu (22/5/2010), para peserta UMB yang lulus dengan nilai terbaik akan direkomendasikan masuk PTN di Australia tanpa tes apa pun dan tanpa syarat minimal kemampuan bahasa Inggris.

"Ini berarti IDP Australia percaya hasil tes kita. Perlahan-lahan, tes UMB akan diintegrasikan dengan tes PTN di Australia," kata Sutjipto.

Please Comment

Post a Comment

Followers

UMB PT 2015 © 2009 Template by Schools Directory.

TOP